Memahami Fenomena Game (Bagian 6)

Posted on

Dota

Siapa yang tidak tau dengan permainan Dota ?

Banyak yang sudah tersihir dengan keasyikan dan keunikan dari permainan ini. Dota merupakan permainan yang berkonsep untuk pertarungan diarena yang telah disediakan 5 vs 5. Valve corporation merupakan kelompok dari beberapa pengembang yang menjadi satu tim untuk mengmebangkan game Dota. Mungkin banyak yang belum tahu bahwa dota sudah megalami transformasi. Dota sendiri dirilis awal tahun 2010 dan memang sudah sangat tua dibanding dengan game yang sejenisnya sekarang. Beberapa bahkan ada yang mengatakan bahwa banyak rilis game 5 vs 5 sekarang ini berawal dari ide yang telah diaplikasikan oleh Dota.

Dilihat dari gameplay Dota yang memang sangat kompleks, memiliki beberpa perbedaan dan keunikan yang mendasar. Untuk penjelasan secara umum Dota sudah mengalami perubahan hampir dari segi aspek gaeplay maupun fiturnya. Untuk kualitaas grafiknya sudah mulai ditingkatkan dan melakukan penyesuaian pada fitur HD. Sebekumnya di Dota 1 grafiknya bisa dikatakn terbilang buruk untuk permainan sekelas 5 vs 5 yang ingin tersu bersaing sampai sekarang. Oleh karena itu Dota memberikan teroboesan terbaru untuk emmberikan kenyamanan pengguna dalam bermain Dota memalui grafik yang besar. Disisi lain memang akan memberikan kapasitas memori yang kebih besar, karena semakin di update dan melakukan pengembangan pada gameplay tentu akan semakin besar untuk sizenya.

Nah disini uniknya lagi tentang permainan Dota. Untuk developer game Dota belum merilis game ini di android, sehingga sampai sekarang dota hanya bisa dimainkan di laptop atau PC. Mungkin sebagai analisa atau dugaan awal, karena dota memiliki tingkat kesulitan gameplay yang cukup rumit. Sehingga untuk bermain dot aharus memiliki skill yang tinggi. Tidak semua gamers bisa memainkan game dota dengan profesional . Dilihat dari pemilihan item untuk build atau senjata yang digunakan memerlukan kejelian dan pengetahuan yang mendalam. Lagi-lagi itemnya dan buildnya memiliki variasi yang lebih banyak dan rumit. Penggunaan gear atau senjata juga perlu dikombinasikan agar memiliki combo yang mematikan atau kuat.

Disisi lain memang Dota sudah lama bermain dahulu dalam pertandingan 5 vs 5 untuk penggunaan gaemplay yang sekarang banyak dikembangkan. Akan tetapi untuk yang sekarang ini merreka lebih mengutaakan kemudahan dan lebih simpel dalam permainan gameplaynya. Sedangkan dota masih fokus dengan desain awal yang sampai sekarnag terus dikembangkan, sehingga pemain lama yang sudah bermain di Dota, rasanya ingin terus mengeksplore update terbaru yang tentu saja bermunculan hero hero dan item baru.

Developer game memiliki keunikannya masing masing, begitu dengan dota yang memiliki kerumitan yang kompleks justru menjadi tantangan tersendiri unutk menjadi pemain pro dalam permaianan 5 vs 5 pada level yang tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *